Tuesday, December 1, 2020

 

Mengenal Ubuntu, Sejarah Ubuntu, dan Kelebihan Ubuntu


Sistem Operasi Ubuntu sangat populer dikalangan mahasiswa maupun sistem administrator, OS ini selain berbasiskan open source, juga memiliki banyak fitur yang tidak kalah dengan Windows ataupun distro Linux lain. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan mengenai sistem operasi Ubuntu. 


Mengenal Ubuntu


Ubuntu adalah sebuah Sistem Operasi Linux yang berbasiskan pada Debian, dan bersifat open source yang artinya dapat digunakan secara gratis tanpa ada lisensi pembayaran. 

Perkembangan ubuntu pun sangat baik, dimana komunitas ubuntu ini cakupan nya besar, banyak developers didunia yang berkontribusi mengembangkan sistem operasi yang satu ini. Sampai saat ini perangkat lunak di ubuntu juga semakin lengkap dan dapat di perbarui.

Tampilan linux ubuntu pun juga sangat menarik, dimana tampilan yang disuguhkan dapat mempermudah dalam melakukan operasi. Kamu juga dapat mengubah tampilan desktop ubuntu di menu pengaturan. Apabila di menu pengaturan tampilan tidak sesuai yang diharapkan maka dapat juga menginstall aplikasi lain guna untuk memperindah tampilan, seperti Tweaks tools.

Sistem operasi ubuntu dapat aman dari yang namanya virus, virus sendiri terkenal dapat membutuh PC yang digunakan baik virus berskala kecil maupun besar. Biasanya virus menyerang komputer melalui jaringan internet maupun aplikasi yang diinstall. Pada sistem operasi ubuntu menggunakan format .deb maka dari itu virus tidak dapat masuk ke dalam PC yang kamu gunakan. Dengan bebasnya virus pada PC yang kamu gunakan maka akan semakin meningkat performa PC.

Ubuntu juga memiliki macam-macam varianas yaitu kubuntu, Xubuntu, Kubuntu, Eduubuntu, Mythbuntu, dan Blackbuntu. Setiap macam ubuntu yang digunakan mempunyai karakter fungsi yang berbeda dan tampilan yang berbeda. 

Sejarah Ubuntu


Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. "Ubuntu" berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti "rasa perikemanusian terhadap sesama manusia". Ubuntu juga bisa berarti "aku adalah aku karena keberadaan kita semua". Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
  1. Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya 
  2. Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  3. Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. 
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary) bukan hanya peralatan yang kamu butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi kamu juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak kamu sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang kamu inginkan.

Rilis Ubuntu LTS dan Non-LTS


Sistem Operasi Ubuntu

LTS adalah singkatan dari Long Term Service. Singkatnya, versi LTS didukung lebih lama ( 5 Tahun) dari pada versi non-LTS (9 bulan). Dukungan yang diberikan adalah berupa update paket paket yang bisa diunduh ke komputer kamu.

Jika kamu ingin memiliki sebuah komputer yang tidak perlu diubah terlalu sering, malas mengikuti perkembangan desktop, tidak memiliki cukup waktu dan internet untuk sering upgrade pilihan kamu ada pada Ubuntu LTS.

Jika kamu ingin memiliki sebuah komputer yang up-to-date, memiliki fitur yang baru, memiliki internet unlimited dan ingin selalu upgrade maka pilihan kamu ada pada Ubuntu non-LTS.

Ubuntu mengeluarkan versi ubuntu terbaru 6 bulan sekali. Tetapi mengeluarkan versi LTS 2 tahun sekali. Ubuntu LTS pertama yang pernah saya gunakan adalah ubuntu 10.04 pada april tahun 2010. Maka dapat dilihat, LTS berikutnya ada pada april 2012 (12.04), april 2014 (14.04), april 2016 (16.04) dan seterusnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Ubuntu


Kelebihan dari Ubuntu


Sistem Operasi Gratis untuk Komputasi Pribadi dan Perusahaan

Salah satu keunggulan Ubuntu adalah Ubuntu adalah sistem operasi open-to-download dan open-source. Dengan kata lain, tidak seperti Microsoft Windows dan macOS dari Apple, individu dan organisasi dapat memiliki dan memelihara komputer yang berfungsi tanpa perlu membayar lisensi perangkat lunak atau membeli perangkat eksklusif.

Bekerja di Berbagai Perangkat atau Platform Komputer

OS dapat diinstal di banyak perangkat, termasuk komputer Windows dan komputer Mac. Ini juga berfungsi pada server jaringan, dan perangkat IoT dan robot, serta dalam lingkungan komputer yang ditiru atau divirtualisasi melalui mesin atau wadah virtual.

Sistem Operasi yang Baik untuk Komputasi Desktop

Keuntungan lain dari Ubuntu adalah bahwa ia relatif dapat bersaing dengan Windows dan macOS, terutama dalam menyediakan pengguna dengan pengalaman komputasi desktop yang lengkap. Sebagai permulaan, edisi Desktop dilengkapi dengan aplikasi produktivitas kantor dari LibreOffice

User-Friendly dengan Kustomisasi Tingkat Tinggi

Siapa pun yang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer dapat dengan mudah menginstal OS ini dan mengatur seluruh sistem komputernya.

Persyaratan Perangkat Keras atau Sistem Minimal

Ubuntu default tidak memerlukan persyaratan sistem kelas atas tidak seperti versi terbaru Windows dan macOS. Konfigurasi perangkat keras yang disarankan adalah prosesor minimal 700 MHz, RAM 512MB, dan ruang penyimpanan 5GB. Perhatikan bahwa rasa khusus seperti Lubuntu dan Xubuntu dikembangkan dan dioptimalkan untuk spesifikasi perangkat keras kelas bawah.

Dukungan berkelanjutan dari Pengembang dan Komunitas

Ingat bahwa OS adalah open-source. Salah satu dari banyak manfaat perangkat lunak open-source adalah bahwa ada komunitas aktif yang dapat membantu memperbaiki bug atau memperkenalkan pembaruan atau fitur baru dengan lebih cepat dan lebih efisien. Komunitas yang sama dapat membantu pengguna dengan pemecahan masalah dan persyaratan penyesuaian.

Kekurangan dari Ubuntu


Fungsi Terbatas Karena Aplikasi Terbatas

Salah satu kelemahan utama Ubuntu adalah pilihan aplikasi yang terbatas. Meskipun OS ini gratis dan sejumlah aplikasi juga gratis untuk diunduh, rekanan di Windows dan macOS jauh lebih baik. Pengembang besar juga lebih suka mengembangkan untuk Microsoft Corporation dan Apple Inc. karena mereka memiliki basis pengguna yang lebih besar.

Memiliki Keterbatasan Dalam Pengembangan Game

Ini bukan sistem operasi untuk penggemar game. Ada beberapa judul gim yang tersedia untuk sistem operasi berdasarkan distribusi Linux, dan banyak di antaranya tidak mengesankan. Sebagian besar game yang tersedia untuk OS ini terlalu sederhana atau dengan kata lain, mereka tidak memiliki gameplay yang canggih dan pengalaman grafis yang mendalam.

Masalah Tentang Kompatibilitas Perangkat Lunak dan Perangkat Keras

Beberapa pengguna telah melaporkan masalah driver atau kompatibilitas antara sistem operasi dan spesifikasi perangkat keras komputer mereka. Kadang-kadang ada cerita tentang driver kartu nirkabel yang tidak berfungsi atau printer tidak terhubung ke komputer karena masalah perangkat keras yang tidak dikenal. Namun demikian, ini merupakan kelemahan kritis lain dari Ubuntu.

Ada Alternatif Sistem Operasi Linux Yang Lebih Baik

Pengguna Linux yang berpengalaman akan setuju bahwa Ubuntu bukan distribusi Linux terbaik. Beberapa orang berpendapat bahwa sistem operasi Debian menawarkan penyesuaian yang lebih baik dan pengalaman yang lebih stabil. Ini juga berjalan secara efisien di bawah konfigurasi perangkat keras yang ringan. Ingat bahwa Ubuntu didasarkan pada Debian.

Masalah tentang Komersialisasi versus Open Source

Salah satu kritik utama Ubuntu adalah komersialisasi yang tampak. Canonical tampaknya bergerak sedikit lebih jauh dari identitas open-source OS dengan setiap pembaruan. Alih-alih bekerja dengan komunitas open-source, perusahaan bekerja sendiri hampir sepanjang waktu, sehingga kehilangan keuntungan menerima input gratis dari ratusan pengembang.

Berbagai Jenis Ubuntu


Ubuntu Desktop

Ubuntu desktop merupakan versi standar dari ubuntu yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Ubuntu ini merupakan versi ubuntu paling standar dari jenis jenis ubuntu lainnya. Pada awal pengembangannya Ubuntu Desktop atau biasa disebut dengan Ubuntu menggunakan Gnome 2 sebagai desktop environment untuk menampilkan user interface. lalu pengunaan gnome 2 digantikan oleh unity desktop environment yang lebih modern. Hingga saat ini ubuntu yang telah dikembangkan adalah ubuntu versi 17.10 yang menggunakan desktop environment Gnome.

Ubuntu Gnome

Ubuntu Gnome merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Gnome sebagai desktop environment untuk menampilkan user interface ke user. Pada saat awal munculnya ubuntu gnome adalah pada saat Canonical Ltd. sebagai pengembang utama ubuntu memutuskan untuk mengganti standar desktop environmentnya menggunakan Unity desktop environment untuk menggantikan Gnome 2. Sejumlah orang kemudian mengembangkan Ubuntu yang menggunakan Gnome 3 sebagai desktop environment dan menamainya Ubuntu Gnome. Mulai pada versi Ubuntu ke 17.10, Canonical Ltd. menggunakan Gnome 3 pada distribusinya sehingga pengembang Ubuntu Gnome menghentikan pengembangannya dan bergabung untuk mengembangkan Ubuntu. 

Ubuntu Mate

Ubuntu Mate merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Mate sebagai desktop environment untuk user interfacenya. Mate merupakan desktop environment yang dikembangkan dari gnome 2. Pada awal kemunculannya Ubuntu Mate tidak mendapatkan pengakuan secara official dari Canonical Ltd. sehingga dianggap sebagai Ubuntu versi unofficial. namun setelah mendapatkan pengakuan dari Canonical Ltd. Ubuntu Mate berubah status nya menjadi salah satu varian atau jenis dari Ubuntu yang official.

Ubuntu Budgie

Ubuntu Budgie merupakan versi dari ubuntu yang menggunakan Budgie sebagai desktop environment untuk user interfacenya. Sama seperti jenis ubuntu lainnya, para pengembang ubuntu ini memasangkan budgie yang merupakan desktop environment yang berkembang bersama Gnome. Pengembangan desktop environment budgie bertujuan untuk membuat pengalaman user interface yang berbeda daripada Gnome. Ubuntu budgie sudah mendapatkan pengakuan secara official dari Canonical Ltd. dan termasuk jenis ubuntu yang official.

Lubuntu

Lubuntu didapatkan dari penggabungan kata LXDE dan Ubuntu. Lubuntu memiliki kelebihan dari sisi pemaikaian sumber daya hardware dan juga pemakaian energy daripada jenis ubuntu yang lainnya. Dengan keterbatasan hardware dari komputer jadul sekalipun, jenis ubuntu ini dapat berjalan dengan baik. Karena kelebihan inilah Lubuntu banyak dipakai pada mikrokontroller, tablet, dan juga komputer komputer jadul yang memiliki spesifikasi rendah.

Kubuntu

Kubuntu merupakan singkatan dari KDE dan Ubuntu. Kubuntu menggunakan KDE sebagai dekstop environment untuk menampilkan interface ke user. Kubuntu pada awalnya disponsori oleh Canonical Ltd. dan dikembangkan sebagai salah satu jenis ubuntu official. Sejak tahun 2012, Kubuntu berganti sponsor menjadi Blue System.

Ubuntu Bussiness Desktop Remix

Versi Ubuntu ini merupakan versi ubuntu yang dibundle khusus untuk digunakan oleh enterprise. Berbeda dengan versi standar yang tidak dikhususkan penggunaannya. Versi ini memiliki beberapa fitur fitur yang tidak ada pada versi desktop dan dikhususkan untuk fungsi enterprise

Ubuntu TV

Versi ubuntu ini khusus dikembangkan untuk menjadi sistem operasi bagi televisi smart yang dapat menjalankan operating sistem untuk pengoperasiannya. Versi ubuntu ini dikembangkan oleh Canonical Ltd. karena melihat pasar dan kebutuhan dari smart TV sudah semakin berkembang dengan pesat.

Edubuntu

Versi Ubuntu ini merupakan versi ubuntu yang memiliki pengguna yang cukup banyak. meski versi ubuntu ini belum disupport secara official oleh Canonical Ltd. namun reputasinya sudah cukup banyak dikenal oleh para pengguna ubuntu. Edubuntu mengkhususkan pengembangannya untuk pengguna di lingkungan pendidikan khususnya sekolah dan juga di rumah.

Mythbuntu

Versi ubuntu ini adalah versi ubuntu yang dikhususkan untuk home theater komputer yang digunakan bersama dengan Myth TV. Jenis ubuntu ini menggunakan Xfce sebagai desktop environmentnya. Pada awalnya Mythbuntu digunakan untuk mempermudah proses pemasangan sebuah aplikasi untuk home theater yaitu MythTV pada komputer. Projek itupun berkembang dan menjadi dikenal di kalangan Ubuntu dengan nama Mythbuntu

Ubuntu Studio

Jenis Ubuntu ini memiliki fungsi yang sangat khusus yaitu dikhususkan untuk para editor video maupun foto dan juga audio. Fitur fitur khusus seperti real-time kernel, low-latency kernel, tampilan dan juga suara dari thema yang khusus, serta akses khusus ke repository ubuntu membuat jenis ubuntu ini tidak ada tandingannya untuk digunakan bagi profesional editor baik itu editor foto maupun editor video.

Ubuntu Touch

Ubuntu Touch merupakan jenis dari ubuntu yang dikhususkan pengembangannya untuk digunakan ke ponsel pintar. Pada awal pengembangannya, Ubuntu touch ini diyakini akan menjadi pesaing sebanding bagi sistem operasi ponsel pintar yang sudah sangat kita kenal bersama yaitu android. Namun seiring berjalannya waktu, sistem operasi android lebih mendapatkan dukungan dan juga popularitas di dunia sistem operasi untuk ponsel pintar. Hingga pada akhirnya pada tahun 2017, Canonical Ltd. resmi membatalkan projek Ubuntu Touch ini.

Ubuntu Server

Ubuntu server merupakan jenis ubuntu yang dikhususkan untuk menjadi sistem operasi pada sebuah server. Perbedaan yang paling utama antara ubuntu server dengan ubuntu lainnya adalah tidak adanya tampilan dekstop environment pada ubuntu ini. Karena memang seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada umumnya sebuah server jarang sekali memiliki tampilan desktop yang ditunjukkan ke user. Karena tampilan desktop ini akan memakan resource dari server yang seharusnya bisa digunakan untuk memenuhi tujuan server seperti untuk memberikan feed dari website.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa cantumkan sumbernya jika teman teman ini menyalin artikel ini.

0 comments:

Post a Comment