Friday, March 26, 2010

 

Mengenal Istilah pada Sistem Administrator

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang istilah-istilah pada administrator sistem atau system administrator.



Sistem Administrator


(Artikel ini diupdate pada bulan Desember 2020)

Penjelasan Tentang Webservice

Web Service adalah suatu software atau perangkat lunak yang mendukung interoperabilitas serta interaksi antar sistem pada suatu jaringan. Web service merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh website sebagai layanan dalam bentuk informasi kepada sistem lain sehingga dapat terjadi interaksi di semua sistem yang terlibat. Web service juga menyimpan data informasi ke dalam suatu file XML sehingga dapat diakses oleh sistem lain meskipun beda platform, OS atau bahkan beda bahasa compiler.

Penjelasan Tentang FTP service

FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol aplikasi yang digunakan untuk mentransfer file. FTP bekerja menggunakan layer transport TCP (Transport Control Protocol) yang bersifat connection oriented, bit stream, dan reliable. Dalam FTP ada komponen utama yang harus ada, yaitu FTP Server dan FTP Client.

FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software layanan transfer file dengan selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP Client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk transfer file. Jika terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.

Penjelasan Tentang Proxy Service

Proxy adalah komputer khusus atau sistem perangkat lunak yang berjalan pada komputer yang bertindak sebagai perantara antara perangkat titik akhir, seperti komputer, dan server lain tempat pengguna atau klien meminta layanan. Server proxy mungkin ada di mesin yang sama dengan server firewall atau di server yang terpisah, yang meneruskan permintaan melalui firewall.

Keuntungan dari server proxy adalah cache dapat melayani semua pengguna. Jika satu atau lebih situs Internet sering diminta, ini kemungkinan berada dalam cache proxy, yang akan meningkatkan waktu respons pengguna. Proxy juga dapat mencatat interaksinya, yang dapat membantu untuk pemecahan masalah.

Penjelasan Tentang Firewall

Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar ataupun pencuri data lainnya. 

Disamping itu Firewall merupakan suatu cara/sistem/mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa cantumkan sumbernya jika teman teman ini menyalin artikel ini.

0 comments:

Post a Comment