Sunday, December 8, 2013

 

Pengertian ICMP, Kelebihan, dan Fungsi dari ICMP

 
Sering kali jika koneksi internet atau intranet kita bermasalah, kita menggunakan perintah "ping" untuk memeriksa kondisi jaringan kita. Apakah kamu tahu bahwa perintah ping itu ada kaitannya dengan protocol ICMP. Pada artikel ini saya akan membahas lebih lanjut tentang protocol ICMP.


(Artikel ini diupdate pada bulan Desember 2020)

Pengertian ICMP



ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah salah satu protocol dari Internet Protocol Suite yang digunakan oleh perangkat jaringan komputer, seperti router, untuk mengirim pesan yang menunjukkan kesalahan, misalnya layanan yang diminta tidak tersedia atau host atau router tidak bisa dihubungi. 

ICMP digunakan untuk melaporkan kesalahan jaringan dan menghasilkan pesan yang membutuhkan perhatian. Sebagai protokol, fungsi ICMP adalah mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. ICMP yang berjalan pada Internet Protocol versi 4 (IPv4) dikenal dengan nama ICMPv4. ICMP yang berjalan pada Internet Protocol versi 4 (IPv6) dikenal dengan nama ICMPv6.

Pelaporan kesalahan yang dilakukan oleh ICMP umumnya terkait dengan pemrosesan datagram. Protocol IP, UDP dan TCP biasanya akan mengambil tindakan berdasarkan pesan ICMP. ICMP umumnya dimiliki oleh lapisan TCP / IP. Pesan ICMP diringkas atau dienkapsulasi dalam bentuk datagram IP.

Contoh penggunaan ICMP dalam kehidupan sehari hari:

Hubungan antar router A dan B mengalami masalah, maka router A secara otomatis akan mengirimkan paket ICMP Destination Unreachable ke host pengirim paket yang berusaha melewati host B menuju tujuannya. Dengan adanya pemberitahuan ini maka host tujuan tidak akan terus menerus berusaha mengirimkan paketnya melewati router B.

Fungsi Protocol ICMP


Protokol ICMP atau Internet Control Message Protocol memiliki fungsi utama sebagai berikut.

Melaporkan Apabila Terjadi Error Pada Sebuah Jaringan

Error biasanya terjadi ketika pesan dan request tidak tersampaikan ke host, koneksi terputus atau kehilangan koneksi dalam proses transmisi data dalam jaringan komputer

Membantu Prosedur Pengaturan Pada Sebah Jaringan

ICMP bertugas untuk mengatur segala macam bentuk pengaturan pada sebuah jaringan kompter. Dengan adanya ICMP, maka setiap jaringan komputer dapat berjalan sesuai dengan prosedur, sehingga tidak melenceng atau mengalami kesalahan dalam proses transmisi jaringan.

Menyediakan Pengendalian Error dan Pengendalian Arus Pada Layer Network

ICMP juga memiliki tugas juga fungsi lainnya, yaitu melakukan pengenalian terhadap arus informasi yang ditransmisikan pada network layer atau lapisan jaringan. Sebuah jaringan akan memiliki beberapa macam lapisan atau layer – layer tertentu yang mana setiap paket data harus melewatinya. ICMP bertugas untuk melakukan pengendalian terhadap arus yang akan masuk ke dalam masing – masing layer tersebut.

Advertisements

Mendeteksi Terjadinya Error Pada Jaringan, Seperti Connection Lost. Ketika ICMP mendeteksi terjadinya error, biasanya router atau perangkat keras jaringan lainnya akan memberikan tanda kepada ICMP, misalnya host tidak dapat dijangkau, atau koneksi terputus.

Tipe Pesan ICMP


Paket Pesan ICMP

Ada dua tipe pesan yang dapat dihasilkan ICMP :

ICMP Error Message

ICMP Error Message dihasilkan jika terjadi kesalahan pada jaringan. ICMP Error Message dibagi menjadi beberapa jenis :

Destination Unreachable

Pesan ini dihasilkan oleh router jika pengirim paket mengalami kegagalan
akibat masalah putusnya jalur baik secara fisik maupun logic. Destination Unreacheable dibagi lagi menjadi beberapa jenis :
  • Network Unreacheable, jika jaringan tujuan tak dapat dihubungi.
  • Host Unreacheable, jika host tujuan tak bisa dihubungi.
  • Protocol At Destination is Unreacheable, jika di tujuan tak tersedia protokol tersebut.
  • Destination Host is Unknown, jika host tujuan tidak diketahui.
  • Destination Network is Unknown, jika network tujuan tidak diketahui.

Time Exceeded

Pesan ini dikirimkan jika isi field TTL dalam paket IP sudah habis dan paket belum juga sampai ke tujuannya. Tiap kali sebuah paket IP melewati satu router, nilai TTL dalam paket tsb, dikurangi satu. TTL ini diterapkan untuk mencegah timbulnya paket IP yang terus menerus berputar-putar di network karena suatu kesalahan tertentu. sehingga menghabiskan sumber daya yang ada. Field TTL juga digunakan oleh program traceroute untuk melacak jalannya paket dari satu host ke host lain. 

Program traceroute dapat melakukan pelacakan rute berjalannya IP dengan cara mengirimkan paket kecil UDP ke IP tujuan, dengan TTL yang di set membesar. Saat paket pertama dikirim, TTL diset satu, sehingga router pertama akan membuang paket ini dan mengirimkan paket ICMP Time Exceeded, kemudian paket kedua dikirim, dengan TTL dinaikan. Dengan naiknya TTL paket ini sukses melewati router pertama namun dibuang oleh router kedua, router ini pun mengirim paket ICMP time Exceeded.

Parameter Problem

Paket ini dikirim jika terdapat kesalahan parameter pada header paket IP.

Source Quench

Paket ICMP ini dikirimkan jika router tujuan mengalami kongesti. Sebagai respons atas paket ini pihak pengirim paket harus memperlambat pengiriman paketnya.

Redirect

Paket ini dikirimkan jika router merasa host mengirimkan paket IP melalui router yang salah. Paket ini seharusnya dikirimkan melalui router lain.

ICMP Query Message

Pesan ini dihasilkan jika pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan. ICMP Query Message dibagi menjadi beberapa jenis:

Echo dan Echo Reply 

Bertujuan untuk memeriksa apakah sistem tujuan dalam keadaan aktif. Program ping merupakan program pengisi paket ini. Responden harus mengembalikan data yang sama dengan data yang dikirimkan.

Timestamp dan Timestamp Reply

Menghasilkan informasi waktu yang diperlukan sistem tujuan untuk memproses suatu paket.

Address mask

Untuk mengetahui beberapa netmask yang harus digunakan suatu host dalam suatu network.

Format Pesan ICMP


Pesan iCMP memiliki format khusus. Masing-masing tipe pesan ICMP ditunjukkan oleh gambar. Semua format pesan ICMP dimulai dengan tiga field yang sama:
  • Type
  • Code
  • Checksum

Berikut kode pesan ICMP:

ICMP Message Type
0 Echo Reply
3 Destination Unreachable
4 Source Quench
5 Redirect / Change Request
8 Echo Request
9 Router Advertisement
10 Router Selection
11 Time Exceeded
12 Parameter Problem
13 Timestamp Request
14 Timestamp Reply
15 Information Request
16 Information Reply
17 Address Mask Request
18 Address Mask Reply

Field tipe menunjukkan tipe dari pesan ICMP yang dikirim. Field code menunjukkan informasi yang khusus untuk tipe pesan. Checksum field sebagai tipe lain dari paket yang digunakan untuk memverifikasi integritas data. Berikut adalah pesan echo request dan echo reply ICMP:

0 8 16 31
Type (0 or 8) Code (0) Cheksum
Identifier Sequence number
Operational Data

Tipe yang cocok dan nomor kode ditunjukkan di tiap-tiap tipe pesan. Field identitas dan field sequence number sifatnya unik untuk pesan echo request dan echo reply. Field-field itu digunakan mencocokkan echo reply dengan echo request. Field data berisi informasi tambahan yang mungkin bagian dari echo reply atau echo request.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa cantumkan sumbernya jika teman teman ini menyalin artikel ini.

0 comments:

Post a Comment