Saturday, December 7, 2013

 

Mengenal Mikrotik, Sejarah Mikrotik, dan Fitur Pada Mikrotik

Mikrotik merupakan router yang saat ini paling banyak digunakan oleh ISP dan para warnet di indonesia. Kenapa mereka memilih mikrotik? Segudang fitur dan harga yang terjangkau adalah alasan utamanya.



(Artikel ini diupdate pada bulan Desember 2020)

Pengertian Mikrotik

MikroTik adalah sistem operasi Linux based yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Instalasi dapat dilakukan pada standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai. 

Mikrotik bisa diakses melalui: 

1. Windows Application (WinBox), 
2. Console/Command Line Interface 
3. Web Browser 
4. Telnet dan SSH

Sejarah Mikrotik

MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah seorang berkewarganegaraan Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia bejumpa dengan Arnis, Seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995. 

John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996 (misi MikroTik adalah merouting seluruh dunia). Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia.

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna. Linux yang pertama kali digunakan adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama sama dengan bantuan 5-15 orang staff Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. 

Menurut Arnis, selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara marathon.

Jenis-Jenis Mikrotik

Mikrotik memiliki 2 jenis yaitu:

Software 

MikroTik RouterOS yang berbentuk software yang dapat di-download di www.mikrotik.com. 

Hardware

BUILT-IN Hardware MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS. 

Fitur pada Mikrotik

Mikrotik memiliki beberapa fitur, diantaranya:

Load Balancing

Mikrotik dapat membagi beban akses jaringan.

Tunneling

Mikrotik dapat menggunakan fasilitas tunneling untuk membuat akses VPN (Virtual Private Network) secara aman.

Bandwidth Management

Mikrotik dapat mengatur bandwidth dengan berbagai macam protokol dan port, serta memiliki kemampuan untuk di kombinasikan dengan jaringan nirkabel.

Address List

Mikrotik memungkinkan pengguna untuk membuat daftar alamat IP yang dikelompokkan dalam sebuah group. Fasilitas seperti firewall, mangle, dan NAT dapat menggunakan address-list untuk memeriksa paket data.

Bonding

Bonding adalah sebuah teknologi yang memungkinkan agregasi lebih dari satu interface ethernet dan menggabungkan kedalam satu link virtual sehingga kita akan mendapatkan troughput bandwith yang lebih besar

Bridge

Mikrotik dapat menggabungkan 2 atau lebih interface yang bertipe ethernet, wireless, FO, Tunnel atau sejenisnya, seolah-olah berada dalam 1 segmen network yang sama

DHCP

Mikrotik dapat bertindak sebagai DHCP Server untuk client - clientnya

Firewall

Mikrotik dapat melakukan filtering paket dan blocking paket dengan fitur firewall ini.

NAT

Mikrotik dapat melakukan NAT source dan destination dan dapat digabungkan juga dengan mangle.

Wireless

Mikrotik sudah mendukung wireless juga, dimana user dapat mengatur ssid beserta enkripsinya.

NTP

Mikrotik sudah mendukung fitur NTP, dimana protocol ini berfungsi untuk melakukan sinkronisasi waktu antar perangkat yang terkoneksi dengan jaringan.

Proxy

Mikrotik memiliki fitur web proxy juga, dimana dia dapat melakukan caching terhadap sebuah website atau proteksi jaringan internal dan luar menggunakan proxy. Selain itu fitur ini dapat digunakan untuk memblokir situs-situs yang mengandung konten terlarang menggunakan proxy di mikrotik sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif.

Routing

Mikrotik juga memiliki fitur routing, seperti BGP, OSPF, ISIS, dan RIP.

SNMP

Mikrotik memiliki fitur built-in SNMP, dimana user dapat memonitor perangkat mikrotik dengan menggunakan aplikasi 3rd party seperti cacti atau solarwinds.

WinBox

Mikrotik memiliki fitur yang sangat powerfull, fitur ini dinamakan WinBox. Dengan WinBox user dapat melakukan konfigurasi secara cepat.

Memproteksi Mikrotik Dari Serangan Luar

Proteksi dan keamanan pada router Mikrotik sangatlah penting untuk menjaga kelangsungan jaringan komputer kita. Terutama untuk menjaga router Mikrotik dari serangan hacker dan orang yang tidak bertanggunga jawab. Salah satu cara untuk memproteksi Mikrotik dari Serangan Hacker yaitu dengan menggunakan Port Knocking.

Port Knocking adalah salah satu cara untuk memproteksi router mikrotik dari hacking ataupun brute force dengan melakukan blocking pada Telnet, Mac Telnet, SSH ataupun Winbox, dan hanya membuka akses tersebut hanya untuk administrator saja. Dengan cara ini network administrator dapat melakukan perubahan setting di router secara lebih aman.

MikroTik User Meeting (MUM)


Mikrotik User Meeting

Setiap bulannya semua komunitas pecinta mikrotik membuat sebuah konferensi tentang software MikroTik RouterOS dan hardware RouterBOARD. Semua peserta saling mengajukan pertanyaan, dengarkan presentasi, berbicara dengan spesialis dan melihat demo teknologi terbaru dan menarik oleh MikroTik Trainer.

Setiap tahunnya, semakin banyak distributor MikroTik, user dan peserta program Made For MikroTik yang mempresentasikan produk dan layanan mereka di Rapat Pengguna MikroTik.

Lebih dari 150 konfrensi pengguna MikroTik telah diselenggarakan sejauh ini. Acara terbesar memiliki lebih dari 3000 peserta.

Download Mikrotik

Kamu dapat mendownload OS mikrotik disini:

Download Mikrotik

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa cantumkan sumbernya jika teman teman ini menyalin artikel ini.

0 comments:

Post a Comment