Saturday, December 7, 2013

 

Mengenal CentOS, Sejarah, dan Kelebihan CentOS

Pernahkah anda mendengar sistem operasi CentOS ? Kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem operasi yang bernama CentOS, bagaimana sejarahnya ? Apa kelebihannya ? Dan fitur - fitur dari sistem operasi ini. 


Sistem Operasi CentOS

(Artikel ini diupdate pada bulan Desember 2020)

Mengenal CentOS

CentOS atau Community Enterprise Operating System adalah Distro Linux yang dikembangkan dari Sistem Operasi Red Hat untuk digunakan dalam skala enterprise atau skala perusahaan dengan biaya gratis dan miliki lisensi open source. Sistem operasi CentOS dikembangkan dari RHEL oleh sebuah  komunitas yang disebut CentOS Project.

CentOS pertama kali dirilis untuk publik pada bulan Mei tahun 2004 dengan nama CentOS 2, yang diturunkan dari RHEL 2.1AS sebagai induknya. Sejak CentOS 7 rilis, CentOS hanya mendukung arsitektur x86_64 (64bit), untuk AltArch CentOS 7 tersedia arsitektur IA-32, dan yang lain adalah PowerISA, ARMv7hl serta varian dari arsitektur untuk ARM AArch64. CentOS 8 yang merupakan rilis paling baru, diluncurkan ke publik pada 24 September tahun 2019.

Sejarah CentOS

Sejarah CentOS berawal dari diciptakannya CentOS dengan tujuan untuk menyediakan platform komputasi pada skala perusahaan dengan biaya gratis serta open-source. CentOS berusaha untuk mempertahankan 100% kompatibilitas terhadap sumber yang asli, yaitu Linux-Red Hat.

Red Heat Linux (RHL) awalnya disebut dengan Red Hat Commercial Linux, yang merupakan distro linux pertama yang memakai sistem RPM Package Manager. Selanjutnya diikuti oleh perusahaan lain, yakni Linux-Mandriva dan Linux-SUSE.

Dapat disimpulkan bahwa CentOS merupakan turunan dari RHEL, yang mana RHEL merupakan produk dari Red Hat Linux, yang memiliki prinsip hanya dilindungi oleh aturan merek dagang sehingga dapat digunakan untuk proses-proses bisnis di pasar.

Awal tercipta CentOS dimulai ketika tahun 1993, seorang bernama Bob Young pada saat itu sedang membangun ACC Corporation. Perusahaan ini awalnya hanya menjual aksesoris software Linux dan Unix. Pada tahun 1994, seorang Marc Ewing membuat OS Linux sendiri dan memberi nama Red Hat Linux.

Akhirnya Marc Ewing meluncurkan produknya pada bulan Oktober tahun 1994. Bisnisnya pun semakin besar ketika Bob Young membeli bisnisnya Marc Ewing pada tahun 1995. Akhirnya mereka berdua bergabung menjadi Red Hat Software, dengan Bob Young menjabat menjadi CEO dari Red-Hat Software.

Evolusi CentOS

Para pengembang dari CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat untuk membuat hasil final dari distribusi tersebut sangat mirip dengan RHEL. Setiap branding dan logo Red Hat sendiri telah dihilangkan karena kebijakan dari Red Hat yang tidak memperkenankan untuk dilakukan redistribusi. CentOS sendiri tersedia secara gratis. Dukungan teknis dari CentOS sendiri umumnya diberikan oleh komunitas pengguna yang biasanya melalui mailing list resmi, web forum maupun chat room.

Proyek CentOS terafiliasi dengan Red Hat, namun lebih kearah publik dan inklusif. Meskipin Red Hat memperkerjakan seluruh para pengembang utama dari CentOS, namun CentOS sendiri bergantung pengembangannya kepada donasi dari pengguna dan dukungan dari organisasi-organisasi diluar sana.

Kelebihan CentOS

Berikut kelebihan CentOS dibandingkan dengan distro linux lainnya:

CentOS Lebih Stabil

CentOS diakui oleh banyak orang lebih stabil ketimbang distribusi linux yang lain, dan sering kali setiap rilis dari CentOS jauh lebih matang dari yang lain. CentOS menggunakan aplikasi yang paling stabil dan setiap rilis memakan periode yang lama selain itu setiap aplikasi tidak diperlukan sering-sering untuk melakukan update.

Keamanan CentOS yang maksimal

Pada era digital saat ini, keamanan atau digital security merupakan fokus utama pada setiap implementasi maupun pengembangan baru. CentOS telah memiliki beberapa fitur keamanan ini secara bawaan. Salah satu fitur bawaan CentOS adalah SELinux (Security-Enhanced Linux) yang dapat dipegunakan untuk melindungi server dari cyber attack.

SELinux merupakan mekanisme akses kontrol yang memaksakan setiap aturan terhadap proses dan file berdasarkan pada aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Salah satu keunggulan adalah mengurangi celah keamanan pada serangan priviliages escalation, saat penyerang mendapatkan akses, penyerang hanya memiliki akses terhadap fungsi-fungsi normal pada proses yang telah ditetapkan hak aksesnya.

Manajemen Paket CentOS yang handal

Menambahkan paket baru atau melakukan update pada server produksi terkadang cukup riskan untuk dilakukan secara manual. CentOS menggunakan manajemen paket YUM (Yellowdog Updater Modified) untuk dapat melakukan update dengan mudah meskipun pada server produksi. CentOS sangatlah fleksibel dalam pemanfaatannya, dapat dipergunakan untuk berbagai server layanan seperti, database server, webserver, mail server, fileserver, proxy server dan lain sebagainya.

Versi terbaru dari CentOS juga telah dapat dipergunakan sebagai server container, virtualisasi, serta layanan mikro lain seperti Docker.

Dokumentasi CentOS yang lengkap

Karena CentOS merupakan sistem operasi yang banyak dipergunakan di seluruh dunia terutapa pada industri web hosting, dan secara tidak langsung telah menjadi standard yang umum dipergunakan. Manfaat paling besar dari banyaknya pengguna adalah tersedianya informasi dan dokumentasi yang sangat banyak dan lengkap serta mencakup berbagai kebutuhan. Adanya komunitas pengguna dan pengembang yang terus berbagi informasi serta perbaikan menjadikan CentOS banyak menjadi pilihan utama.

Ada banyak saluran untuk dapat belajar maupun mencari referensi mengenai CentOS, ada forum, website tentang teknologi server, website yang berisikan informasi panduan penggunaan dan install atau dapat merujuk pada wiki CentOS yang resmi pada tautan CentOS Wiki Website

Panel Manajemen CentOS yang lengkap

Terakhir, untuk memudahkan dalam melakukan manajemen server linux berbasis pada CentOS, telah tersedia banyak sekali aplikasi manajemen server yang terkenal seperti, cPanel, InterWorx, WebMin, DirectAdmin, Spacewalk, CWP, Plesk, ISPConfig, Virtualmin, Vesta CP sampai dengan Cockpit untuk manajemen virtualisasi.

Panel manajemen untuk CentOS memudahkan untuk melakukan pengelolaan website pada satu server sehingga terjadi efisiensi dalam pengelolaan server tersebut.Panel ini memungkinkan untuk melakukan manajemen secara lengkap dari mulai pengaturan yang kompleks terkait dengan manajemen server dapat dilakukan hanya degan beberapa klik.

Apa yang baru di CentOS Linux 8?

Baru baru ini CentOS merilis versi linux barunya yaitu CentOs Linux 8 pada tahun 2019. Berikut fitur terbaru pada CentOS Linux 8:

BaseOS dan AppStream

Repositori utama (BaseOS) menyediakan ruangan atau enviroment agar user dapat menjalankan userspace pada perangkat keras, virtual machine, atau menggunakan Cloud. Repository AppStream menyediakan semua aplikasi yang dibutuhkan oleh user pada userspace. Ada juga repositori tambahan yang menyediakan software lain yang memiliki lisensi.

Arsitektur yang didukung CentOS 8 Linux.

  • x86_64 (64 bit Intel / AMD)
  • AARCH64 (64-bit ARM)
  • PPC64LE (IBM POWER, Little Endian)

Web Console

User dapat mengelola server CentOS 8 dengan Cockpit melalui browser web.

Mendukung Pengembangan Container

CentOS 8 mendukung Container Linux dengan menggunakan software Podman. Podman pada CentOs menggantikan fungsi Docker dan Mobdy yang bergantung pada daemon, Podman pada CentOS dapat berjalan sendiri tanpa menggunakan daemon. 

Desktop CentOS 8 sudah terintegrasi menggunakan Wayland

CentOS 8 sudah menggunakan Wayland sebagai tampilan default desktop menggantikan XORG, tetapi Centos masih memperbolehkan jika user masih ingin menggunakan XORG sebagai tampilan default. Wayland memiliki banyak manfaat dibandingkan tampilan XORG seperti menangani stuck antara user dengan kernel Linux.

Kebijakan Crypto Pada Seluruh Sistem

User dapat menggunakan perintah update-crypto-policy untuk memperbarui atau mengatur kebijakan kriptografi seluruh sistem pada CentOS untuk TLS / SSH / Kerberos dan lainnya.

Improvisasi TCP Stack

CentOS Linux 8 hadir dengan TCP Stack versi 4.16 yang mampu meningkatkan kecepatan internet.

Download CentOS

Untuk mendownload CentOS, kamu bisa mengunjungi link dibawah ini.

Download CentOS Direct Link 

Download CentOS Terbaru

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa cantumkan sumbernya jika teman teman ini menyalin artikel ini.

0 comments:

Post a Comment